DEFINISI DAN SEJARAH SURVEY PEMETAAN

Asalamualaikum wr.wb
Sebelum lebih jauh kita berbagi tentang ilmu trips dan trik di bidang survey dan pemetaan,ada baiknya bila kita mengenal definisi dan sejarah survey pemetaan.
Sering kali orang salah faham tentang surveyor,surveryor sering dikaitkan dengan orang yang bertugas mencari data keuangan calon nasabah.tapi bukan survey itu yang akan kita bahas.
survey (geomatik) dapat didefenisikan sebagai sebuah disiplin ilmu yang meliputi semua metode untuk mengukur dan mengumpulkan informasi tentang fisik bumi dan lingkungan, pengolahan informasi, dan menyebarluaskan berbagai produk yang dihasilkan untuk berbagai kebutuhan.
penerapan ilmu survey dalam kehidupan modern sekarang ini sangatlah beragam.diantaranya  adalah survey perkebunan,pertambangan,kontruksi,migas marine,dan lain sebagainya.
Sejarah survey yang terekam oleh sejarah sekarang ini, menunjukan  perkembangan ilmu dalam bidang survey  pertama kali di negara Mesir.  Herodotus menjelaskan bahwa di era Sesostris (-+ 1400 SM) tanah mesir di bagi dalam sebuah gambar untuk tujuan perpajakan.  sungai nil memenuhi sebagian dari gambar ini, dan surveyor ditunjuk untuk memastikan batas. Pada mulanya surveyor disebut tali tandu, karena pengukuran mereka dibuat dengan tali yang memiliki tanda di setiap satuan jarak.
Seorang penemu kebangsaan Yunani bernama Heron menerapkan ilmu pengetahuan untuk melakukan survei di sekitar 120 SM. Ia adalah seorang  penulis dari beberapa buku tentang surveyor.Salah satunya adalah dioptra, yang menceritakan Métode survei  di lapangan, menggambar perencanaan, dan membuat perhitungan. Buku Ini juga menjelaskan salah satu bagian  pertama dari peralatan survey yang tercatat sejarah, yaitu Diopter.
Sangatlah panjang sekali rangkaian perkembangan survey dari abad ke abad,yang jelas di era sekarang ini instrument atau alat2 survey sudah semakin canggih .
Total station misalnya,alat ini memberikan kemudahan kepada surveyor tanpa harus banyak hitungan manual seperti zaman romawi dan mesir kuno.
Saya rasa sampai disini saja obrolan tentang survey pemetaan kalau terlalu panjang malah bikin bosan.

semoga bermanfaat,

Subscribe to receive free email updates: