2 CARA MUDAH MENGHITUNG KOORDINAT PERPOTONGAN DUA SUDUT (INTERSECTION BY ANGEL)

Assalamualaikum,

     Selamat sore rekan-rekan surveyor dimanapun anda berada,jika sebelumnya sudah ada postingan mengenai info loker surveyor ,kali ini kita akan membahas 2 cara mudah menghitung kordinat perpotongan antara dua sudut.Sebelum membahas lebih lanjut ,sebelumnya marilah kita lihat dulu ilustrasi berikut ini.

     Dari gambar diatas kita mempunyai 2 titik,kita sebut saja titik A dan titik B,masing masing lengkap dengan nilai koordinat dan azimuthnya,nah pertanyaanya,berapakah nilai koordinat titik C?
Ada 2 cara untuk menyelesaikan soal diatas:

1.Menghitung dengan program kalkulator fx 5800p

Bagi rekan-rekan surveyor yang belum familiar dengan kalkulator fx 5800,bisa baca terlebih dahulu artikel casio-fx-5800p-surveying-program.
Saya  asumsikan rekan-rekan sudah membaca artikel dan  mempunyai fx 5800 ,langsung saja kita mulai rumus programnya:

Untuk cara memasukan program diatas ke dalam kalkulator fx 5800,rekan-rekan bisa melihat video ini
Jangan lupa di like dan subscribe untuk mendapatkan video-video dari surveyor jatim lainya.Dan jika rekan –rekan memiliki video terkait survey dan pemetaan bisa di email ke surveyor.jatim@gmail.com nanti akan saya sebutkan nama pengirimnya.
Selanjutnya jika program tadi telah anda buat.sekarang kita coba untuk mengetesnya.
Klik file di kalkulaor fx 5800,kemudian pilih program yang telah anda buat tadi,misalkan namanya adalah intersect by angel.kemudian klik masukan koordinat A (E1=17.153 N1=15.870) dan koordinat B(E2=40.205  N2=9.809).Lalu masukan juga azimuth A(6356’10”) dan B (32712’25”)secara berurutan.
     Jika programnya benar maka hasilnya koordinat C adalah C(Et =31.712 N=22.991).Jika jawabanya lain atau program error,berarti ada kesalahan sewaktu tadi anda memasukan program,coba di cek satu dua kali lagi apakah ada symbol yang salah ketik sewaktu anda memasukan program tadi.Kesalahan memasukan symbol program ini sudah umum,saya sendiri juga sering mengalaminya.pokoknya harus dicari terus bagian mana yang salah ketik sampai program benar-benar berfungsi tanpa adanya error lagi.
Oke,selanjutnya kita lanjut ke cara nomor dua,yaitu:

2.Menghitung dengan Rumus Microsoft EXCEL.

         Untuk mendapatkan formula excel ini silahkan anda baca artikel rumus-rumus-perhitungan-survey,kemudian anda download program  formula excelnya.Pada nomor 7 dari file excel yang sudah anda download tadi ,akan ada rumus yang berjudul Perhitungan perpotongan garis dari 2 titik koordinat dan sudut azimuth.Seperti pada gambar dibawah ini:


        Nah bagaimana cara menggunakanya? Okey langsung saja, masukan koordinat A (E1=17.153 N1=15.870)) dan masukan azimuth titik A (6356’10”).Kemudian masukan koordinat B(E2=40.205  N2=9.809) dan azimuth titik B (32712’25”).Maka akan keluara hasilnya pada cell berwarna kuning.
     Untuk cara yang kedua ini saya telah mencobanya,dan hasilnya sama dengan cara pertama yaitu menggunakan kalkulator fx 5800. Anda bisa memasukan program ini ke hp android atau iphone anda dan membukanya dengan aplikasi ms excel  yang bisa anda download di playstore dan appstore.
   Bagaimana?cukup mudah bukan? kalau ada yang ditanyakan bisa ditulis di kolom komentar dibawah.
Sekian postingan kali ini mengenai  dua cara mudah menghitung kordinat perpotongan antara dua sudut atau intersection by angel.Semoga bisa bermanfaat buat rekan-rekan surveyor semua.

Salam dua koordinat

Wassalam

Subscribe to receive free email updates: