Cara mengatasi error E024 pada total station SOKKIA SET550X

Assalamualaikum,

 Dalam melaksanakan pekerjaan pengukuran dalam rangka tugas sebagai seorang surveyor,tentunya kita pernah mengalami masalah dengan alat kerja kita,terutama masalah error pada total station.
Pada tahun 2014 yang lalu,saya pernah mengalami error dengan alat total station yang saya pakai.Waktu itu alat yang saya pakai adalah Total station merk SOKKIA set 550x,alat ini adalah alat sewa.
 Sebenarnya sebelumnya saya sudah pernah menggunakan alat SOKKIA set 550x,dan tidak terjadi masalah.Hingga pada hari itu,pada saat saya tengah melakukan pengukuran,keluar notifikasi error dengan kode E204 pada layar total station.seperti pada gambar di bawah ini.
Error E024 pada total station sokkia set 550x
Koordinat tidak muncul,yang ada hanya tulisan E024,lalu saya menanyakan pada cs perusahaan tempat saya menyewa alat,menurut analisanya,error ini disebabkan oleh EDM yang bermasalah.

Apa sebenarnya penyebab error e 204 pada set 550x?
Berikut ini saya kutipkan pendapat dari para surveyor dan teknisi (sales )alat -alat survey:
1.Achmad sofyan

"Itu piringan horizontal atau vertikalnya ada yg error"

2.Laboratory kalibrasi

"ada beberapa kemungkinan salah 1 EDM nya."

3. Chandra Ferdian
"Biasa itu penyakitnya sokkia set 550x...aplgi klw sering kena guncangan atw kepanasan saat operasi.
Lgsg muncul kode error sprti itu."

4.Syaifuddin Dsi
"Piringanya kotor.."
 
Menurut saya memang karna faktor cuaca,yaitu alat kepanasan ahkhirnya EDM nya error jadi munculah pesan error E024.

Nah,kalau sudah terjadi masalah seperti ini,apa solusinya?Jawabanya adalah membawanya ke tempat kalibrasi alat-alat survey.Dan ntuk langkah pencegahannya, selalu gunakan payung setiap kali melaksanakan pengukuran pada waktu cuaca panas,untuk mengurangi resiko alat error dan nivo lari.Sekian artikel kali ini ,mengenai Cara mengatasi error E024 pada total station SOKKIA SET550X.apabila anda mengetahui solusi lainya silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga bermanfaat,
Wassalam

Subscribe to receive free email updates: