7 Cara mudah mempelajari gambar kerja (shopdrawing)

Asalamualaikum
   Selamat malam sobat surveyor semua,seperti judul diatas,7 Cara mudah mempelajari gambar kerja (shopdrawing).Kali ini kita akan membahas 7 cara mudah memahami gambar kerja.Bagi surveyor sendiri(khususnya surveyor sipil,konstruksi gedung jalan jembatan dermaga dan survey lain yang berhubungan dengan dunia proyek),Mempelajari dan memahami gambar kerja adalah sesuatu yang wajib.Adakalanya surveyor menemukan gambar kerja atau drawing yang cukup bikin pusing kepala,yaitu gambar rumit dengan sedikit detail.
Ilustrasi gambar kerja
Untuk mengatasinya ada 7 langkah mudah untuk mengatasinya:
1.Buka Site plan dulu sebelum mempelajari detail,
   Dengan membuka site plan ,kita akan bisa mengetahui inti dari keseluruhan gambar        kerja.perhatikan betul-betul tempat mana yang akan kita mulai melakukan pekerjaan survey.
2.Lihat gambar potongan atau detail di tempat yang akan kita mulai melakukan kerja.sebagai contoh gambar potongan biasanya tertulis pot.A-A,B-B dan lain sebagainya.
3.Perhatikan dimensi atau ukuran pada gambar detail atau potongan,pastikan ukuranya sama dengan  gambar tampak atas atau plan,biasanya ada saja gambar kerja yang ukuranya tidak sama dengan  potongan.tanyakan kepada engineer mana satu yang bisa di pakai,jangan lupa minta tanda tanganya  sebagai bukti bahwa kita mengikuti gambar berdasarkan referensi dari engineer.
4.Compare atau bandingkan gambar kerja struktur dengan gambar kerja arsitek,seperti kesalahan pada dimensi atau ukuran,antara gambar struktur dan arsitek juga terdapat perbedaan.
5.Perhatikan betul-betul elevasi pada gambar plan dan potongan.jangan sampai anda tertukar melihat potongan pada elevasi yang berbeda.
6.Cek tanggal dan revisi pada gambar kerja ,jangan sampai anda menggunakan gambar kerja yang sudah ada revisi terbaru.hal ini tentunya akan menyebakan kesalahan.sering-seringlah bertanya pada engineer tentang revisi gambar kerja.
7.Pastikan anda mengetahui arah mata angin dalam gambar kerja.karna kalau anda tidak tahu mana timur barat,utara selatan gambar,maka percuma anda membaca no 1-6.
Silahkan baca juga Perlukah surveyor storing?

Oke,demikian tadi 7 Cara mudah mempelajari gambar kerja (shopdrawing),jika ada pertanyaan ataupan tambahan silahkan tulis di kolom komentar.
Sekian post kali ini,semoga bermanfaat.
wassalam

Subscribe to receive free email updates: