Cara membuat cross section dari 2 surface autocad LDD part 2

Assalamualaikum
   Selamat sinag rekan surveyor,seperti yang sudah kita bahas sebelumnya dalam postingan membuat cross section di land desktop dari 2 surface .Sekarang saatnya untuk melanjutkan langkah selanjutnya.
   Eits tunggu dulu,ini kan hari minggu,teman-teman pada libur apa kerja neh?Kalau saya sih tetep kerja gaes,kejar setoran.bagi yang sedang berlibur,selamat berlibur ya..dan bagi yang masih kerja,tenang aja bro kamu gak sendirian,ada banyak surveyor yang masih kerja hari minggu ini.Okey,biar ga kelamaan langsung saja ini dia langkah selanjutnya:

8.Permintaan nama group



group label
9.Pilihlah ujung dari awal line pertama dan ujung akhir line sectionnya klik enter dan selanjutnya akan diminta nama label section selanjutnya dan lakukan seperti contoh dibawah  sampai semua line section tercover ujung dan pangkalnya.
seleksi line section
10. Kemudian klik ujung-ujung line sectionnya dan enter-enter-sampai kembali ke command awal        lagi.
ujung line section
11.Untuk memproses section yang sudah ditentukan di posisi line-line section tadi klik section-    process section.
proces section
12.Selanjutnya pada command bar akan muncul  konfirmasi keterangan dari berhasil atau tidaknya prosesing section tadi.
jika ada error disini, silahkan kembali ke menu define section tadi dan ulangi langkah langkah sebelumnya.
command bar confirmation
13.Sekarang saatnya anda mengimport hasil section tadi dan menampilkannya di layar land desktop anda.Caranya Klik terrain-section-import section.
import section
14 .Pilih datum dan vertical scalenya.kalau untuk trial biarkan default saja verticalnya tapi kalau proposional,silahkan di buat 1.intersection adalah posisi dimana section tadi mau di taruh dan di tampilkan.caranya  Klik di area kosong dan akan muncul sectionnya.
datum line
15.Lihat hasil section yang belum ada gridnya dan anda dapat menambahkan grid dan label gridnya.
hasil section tanpa grid
16.Untuk menampilkan grid dan label grid caranya klik menu bar  terrain-section-grid 4 sections,pilih datum dan klik tulisan datumya dan jangan lupa masukan interval grid vertical dan horizontalnya.
grid for section
17. Hasil section yang sudah kita beri grid dan label grid.
section grid
18.Terakhir ,jika semua sudah fix,anda  dapat mengganti warna surface dari topo dan progress dengan warna yang berbeda agar lebih mudah untuk membedakannya.
warna surface yang berbeda
Demikianlah Cara membuat cross section dari 2 surface autocad LDD,semoga bisa membantu rekan rekan survey semua.kalau ada request untuk pembahasan lain,silahkan tulis di komentar.
Sekian post kali ini,selamat bekerja.
wassalam





Subscribe to receive free email updates: