Tips berpindah dari surveyor kebun menjadi surveyor konstruksi

Assalaamualaikum,
   Selamat sore rekan surveyor,Agak nyeleneh dikit judulnya ya Tips berpindah dari surveyor kebun menjadi surveyor konstruksi.Sebenarnya sudah dari beberapa hari lalu mau membahas topik ini,tapi kesanya kok kaya gimana gitu..tapi berhubung banyak juga teman-teman yang surveyor yang menanyakanya,baiklah kita bahas saja.
  Sebelumnya mungkin rekan-rekan survey sudah banyak tahu mengenai apa itu surveyor konstruksi,akan tetapi kalau surveyor kebun atau biasa disebut surveyor perkebunan mungkin masih sedikit yang tahu.Bagi yang belum tahu mengenai surveyor perkebunan,silahkan baca sekilas-tentang-surveyor-perkebunan.
surveyor kebun
Beberapa faktor penyebab munculnya keinginan berpindah dari surveyor kebun menjadi surveyor konstruksi diantaranya adalah:

1.Jenuh dengan suasana kebun yang sunyi dan jauh dari keramaian

 Sebagai surveyor yang berumur 18-25 tahun,berada ditengah kesunyian hutan dan kebun sawit tentu sangat menjenuhkan,tidak ada karaoke,mall gadis-gadis gaul atau cabe-cabean,Butuh niat yang kuat untuk bisa bertahan dalam suasana bertapa seperti ini.

2.Masa cuti yang Lama

 Masa cuti di perusahaan perkebunan adalah 12 hari/tahun.atau 1 minggu tiap 6 bulan.Hal ini tentu sangat berat terutama bagi surveyor yang sudah berkeluarga,atau yang memiliki pacar cantik.Kalau pacarnya jelek sih gak papa ketemu 6 bulan sekali.

3.Rutinitas kerja yang sama atau monoton.

  Bekerja dengan suasana sekeliling sawit selama 6 bulan tentunya akan sangat membuat kita jenuh     ga ketulungan.dengan pemandangan yang sama setiap harinya.

4.Susahnya jaringan telepon selular

Areal perkebunan yang jauh dari pemukiman tentunya akan susah menemukan tower sellular.Hal ini membuat semakin susah mencari sinyal internet terutama untuk upload foto instagram dan telfonan dengan gebetan.

5.Areal hutan sangat beresiko dengan serangan binatang buas dan nyamuk malaria.

Selama pekerjaan land clearing tentu surveyor yang akan keluar masuk hutan dan masuk rawa.Beraneka binatang buas telah mengintai,dari yang terkecil pacet lintah,tawon beracun samapi ular dan harimau belum lagi gigitan nyamuk malaria.Kondisi seperti ini tentu sangat tidak nyaman,dan membuat surveyor berfikir untuk berpindah ke kota menjadi surveyor konstruksi.
 
Okey,itu tadi hal-hal mengenai ga enaknya menjadi surveyor di perkebunan,Gak fair dong kalau kita ga sebutin keuntungan atau ke enakanya menjadi surveyor perkebunan diantaranya:

1.Uang lebih awet

Di tempat yang jauh dari keramaian tentunya membuat kita jadi hemat,bukan sayang duit tapi karena emang gak ada yang jualan.tempat yang sepi membuat uang lebih tahan lama.terlebih lagi makan sudah tersedia free di mess.ini sangat membantu bagi yang sedang menabung demi cita-cita seperti biaya nikah atau biaya beli rumah atau motor keren.

2.Banyak waktu untuk ke masjid.

Durasi kerja yang singkat dan kurangnya tuntutan kerja,membuat kita meiliki waktu yang banyak untuk berjamaah di masjid,ini sungguh menenangkan,jauh dari godaan hingar bingar dunia,rajin ke masjid tentu membawa ketenagan dan kebaikan hidup bagi kita.

3.Banyak Kesempatan Untuk belajar software dan ilmu-ilmu baru.

 Waktu senggang di sore hari,bisa kita manfaatkan untuk mengasah keterampilan untuk mempelajari software-software penunjang surveyor,seperti civil 3d arc gis dan lain-lain.Bisa juga untuk belajar gitar atau piano.

4.Banyak jenis dan tipe pengukuran 

Tidak seperti pada jenis pekerjaan surveyor konstruksi,pekerjaan survey kebun lebih beragam ,diantaranya:
-Pengukuran pancang tanam (metodi siku dengan sudut istimewa 90,180,270)
-Pengukuran tophograpi
-Pengukuran Bathymetri
-pengukuran Proyek pabrik kelapa sawit(sama dengan survey konstruksi)
-Pengukuran GPS
-Pengukuran Teras (leveling)
-Pengukuran jalan akses,jalan blok dan jalan kontur
-pengukuran area bulking (sama dengan pengukuran proyek pabrik PKS)
-Prosesing data dengan autocad dan arc GIS
-Pengukuran Lainya.masih banyak sebetulnya.

Dari beragamnya pengukuran survey kebun diatas,tentu akan sangat memperdalam kemampuan surveyor.Okey,cukup sudah intronya ,udah terlalu panjanag kayaknya.
surveyor konstruksi
Langsung saja ke Tips berpindah dari surveyor kebun menjadi surveyor konstruksi.Diantaranya:

1.Meminta untuk ditempatkan di pengukuran Pabrik kelapa sawit(PKS) atau pengukuran area bulking.

Dengan menjalani pengukuran di pabrik PKS,otomatis kita sudah membiasakan diri di proyek konstruksi,sehingga saat kita resign dan melamar sebagai surveyor konstruksi,kita sudah memiliki pengalaman pengukuran konstruksi.cara ini paling saya rekomendasikan.setidaknya ikutlah dalam2 atau 3 project pabrik PKS.

2.Belajar total station

Penguasaan alat total station adalah hal penting jika kita ingin beralih dari surveyor  kebun menjadi surveyor kontruksi.kalau anda tidak di izinkan untuk melakukan pengukuran PKS,tetaplah belajar total station,hal ini akan sangat berguna,jika sewaktu-waktu anda resign atau di berhentikan.

3.Mencari pekerjaan surveyor di kontraktor pemancangan.

Bekerja di kontraktor pemancangan tidaklah terlalu rumit,pengalaman menggunakan theodolit akan memudahkan kita untuk kita belajar total station jika kita belum sempat belajar total station pada saat menjadi surveyor kebun.Karena jobdesk surveyor di kontraktor pemancangan adalah stake out titik pancang,dan mengambil asbuilt sesudah pemancangan.Diperlukan penguasaan autocad juga untuk terjun di bidang ini.

4.Memulai karir sebagai assisten survey konstruksi

Jika tips 1-3 diatas tidak memungkinkan juga buat anda,tips ke empat ini adalah solusi terakhirnya,yaitu melamar kerja sebagai assisten surveyor konstruksi.Cara mencari job ini tentunya dengan bergabung di grup facebook atau whatsapp surveyor atau bertanya pada teman yang sudah lebih dulu terjun di dunia survey konstruksi.Dengan kemampuan penguasaan alat theodolit selama menjadi surveyor kebun,akan memudahakan anda menjadi assisten survey,yaitu memasang alat dan memasang prisma target,selebihnya anda bisa belajar metode kerja dan hitung-hitungan surveyor konstruksi dari surveyor yang anda ikuti,setelah enam bulan atau 1 tahun jika anda merasa sudah mampu menguasai jobdesk surveyor konstruksi,anda bisa langsung melamar sebagai surveyor konstruksi di perusahaan yang anda inginkan.saya estimasikan 6 bulan-1 tahun karena anda sudah memiliki basic surveyor sebelumnya di perkebunan.

Setelah berhasil menjadi surveyor konstruksi,akan lebih mudah mencari job survey di perkotaan bahkan kota kelahiran anda sendiri,tidak perlu lagi bekerja di hutan dalam kesunyian.

Itu tadi Tips berpindah dari surveyor kebun menjadi surveyor konstruksi,apabila ada kesalahan kalimat mohon di maafkan,niat saya hanya membantu kepada teman-teman surveyor yang saat ini merasakan apa yang saya rasakan dulu.Nyesek nahan rindu ketika kelahiran anak pertama.
Sekian pos kali ini,semoga bermanfaat.
Wassalam



Subscribe to receive free email updates: