Mengenal PPM (parts per million) dalam total station

Assalamualaikum,

prinsip EDM


Jika Anda memiliki perubahan suhu saat pengukuran, Anda harus menyadari efek variabel PPM. Setiap penyesuaian 1 ° C menyebabkan sekitar 1 kesalahan PPM dalam pengukuran Anda. Ini berarti ayunan 20 ° atau lebih di Celcius (Katakanlah dari 40 ° sampai 75 ° F) akan menyebabkan kesalahan 0,10 kaki dalam pengamatan sepanjang satu mil. Tambahkan koreksi PPM dari tekanan atmosfir, dan Anda bisa mulai memiliki beberapa masalah selama perjalanan melintasi. Paling tidak, itu melempar pernyataan posisi relatif Anda dari kehancuran. Jika koreksi PPM tidak diterapkan sama sekali, maka Anda dapat benar-benar beberapa hasil yang aneh.
Hanya sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Pada pekerjaan lokal dengan travers pendek, atau untuk survei topografi, setting ppm tidak terlalu penting..


Untuk memperjelas (mungkin). EDM menghitung gelombang penuh dan setengah dari spektrum cahaya tertentu. Instrumen umumnya diatur untuk menghitung jarak berdasarkan jumlah gelombang (dibagi dua, keluar dan belakang). Panjang spektrum gelombang dipengaruhi dengan cara yang berbeda dengan kondisi atmosfir yang berbeda. Instrumen dikalibrasi biasanya di 1 atmosfir (lihat ke atas). Inframerah digunakan secara luas karena tidak terpengaruh sama seperti panjang gelombang lainnya oleh perubahan atmosfer.
Jadi, instrumen dikalibrasi pada 1 atmosfir standar (dan kemudian di-tweak ke atau untuk panjang gelombang yang digunakan EDM), pada jarak tertentu. Kesalahan standar dalam kondisi tersebut dilaporkan seperti + -5mm. Kemudian ditentukan pada jarak lebih jauh, yaitu +5mm ppm atau sejenisnya. Dalam hal ini Anda selalu memiliki ketidakpastian + -5mm (setidaknya), lalu + -5mm lebih untuk setiap jarak tertentu lebih jauh yang Anda coba ukur (ubah 1 juta mm ke meter untuk mendapatkan ide yang lebih baik). Atau Anda dapat mengonversi semua unit menjadi kaki dan sepersepuluh dari kaki untuk mendapatkan ide yang lebih baik di unit A.S. Dengan kata lain itu adalah 5: 1.000.000; Unit yang sama di setiap sisi, sebuah pernyataan presisi mirip dengan 1: 10.000.
Jika Anda bekerja pada suhu ekstrim atau ketinggian tinggi, Anda perlu memasukkan data ini ke dalam mesin agar tetap mengukur spesifikasi yang ditentukan karena ini akan menjadi lingkungan yang berbeda dari pada atmosfer,
Jika anda sedang melakukan pengukuran total station di daerah atau negara yang bercuaca ekstrim seperti timur tengah atau tempat yang bercuaca dingin setting ppm ini perlu anda perhatikan,namun jika anda berada di daerah tropis setting ppm tidak terlalu di perlukan,,
Sekian post kali ini,semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates: