Rencana pendirian koperasi surveyor jatim

Assalamualaikum,

  Selamat sore rekan surveyor dimanapun berada.Beberapa hari lalu saya mengunggah logo koperasi surveyor jatim di grup whatsapp.Banyak reaksi dari teman-teman,ada yang pro dan ada yang kontra.dan itu sangat wajar sekali dalam sebuah komunitas atau sekelompok orang pasti ada pro dan kontra.Apalagi yang namanya koperasi yang pastinya berurusan dengan uang,segala hal bisa berubah menjadi sangat sensitif.
koperasi surveyor jatim
Untuk itu pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan secara detail mengenai koperasi surveyor jatim,dimulai dari:

Latar belakang pendirian koperasi surveyor jatim

Jika teman-teman sering baca-baca artikel di blog surveyor jatim ini,pastinya teman-teman masih ingat dengan tulisan saya tahun 2016 yang berjudul:upaya-upaya-mensejahterakan-surveyor.kalau belum silahkan di baca dulu.
Dari dulu sampai sekarang masih saja hal yang sama yang dikeluhkan oleh para surveyor,yaitu masalah gaji.Bahkan beberapa tahun belakangan ini di perparah dengan persyaratan dari perusahaan yang semakin banyak maunya(walaupun tidak semua),yaitu dengan meminta syarat :min D3,bisa olah data ,mau diluar pulau ,mau lembur gratisan dan lain sebagainya.
Hal inilah yang mendorong kami selaku tim admin surveyor jatim mulai memikirkan solusi dari permasalahan gaji dan kesejahteraan surveyor yaitu dengan mendirikan koperasi SJT.

Jenis usaha koperasi surveyor jatim

Dalam waktu dekat,tim admin akan membuat sebuah grup whatsapp koperasi sjt,buat teman-teman yang serius ingin joint dalam koperasi nanti akan diumumkan link grupnya by WA.Setelah itu bisa dibahas jenis usaha yang akan dijalankan oleh koperasi SJT sesuai persetujuan semua anggota koperasi.Berikut adalah beberapa option untuk jenis usaha koperasi sjt:

-Jasa penyewaan total station dan autolevel
-Jasa pengukuran
-Jasa penyewaan kendaraan operasional project (pickup,avanza,inova ataupun motor)

total station

Tidak menutup kemungkinan merambah ke usaha lain yang sekiranya mendatangkan profit.Target utama dari koperasi ini adalah semua anggota koperasi bisa memiliki alat total station sendiri sehingga bisa menambah income masing-masing anggota.

Pengumpulan dan penyimpanan dana koperasi surveyor jatim

 Koperasi sjt akan membuat rekening khusus yang akan di pegang oleh bendahara,akan tetapi melalui internet banking,semua anggota akan dapat mengecek saldo dan mutasi rekeningnya.Sedangkan untuk token nya hanya dipegang oleh bendahara.
Dengan adanya dana di koperasi,kedepanya kita bisa gunakan untuk keperluan sosial,sumbangan duka cita,dll.Agar bisa menebar manfaat kepada sesama.
Koperasi sjt ini tidak bersifat memaksa,hanya bagi yang bersedia saja,bagi yang tidak juga tidak masalah.

Pematangan pendirian koperasi surveyor jatim

Berhubung koperasi sjt masih dalam tahap wacana dan perencanaan,maka perlu diadakan pertemuan (kopdar) untuk mematangkan sekaligus mendengar ide-ide dan pendapat dari teman-teman yang mendukung pendirian koperasi sjt ini.Kritik ,ide dan saran teman-teman sangat kami nantikan,silahkan tulis di kolom komentar.

Sekian dulu postingan kali ini mengenai Rencana pendirian koperasi surveyor jatim.Semoga bisa terealisasi sesuai rencana..Amiiin

wassalam

Subscribe to receive free email updates: