Permasalahan surveyor freelance yang tidak di bayar klien

assalamualaikum,

 Sering sekali kita mendengar curhatan dari rekan-rekan surveyor freelance mengenai upah yang tidak di bayarkan.Kebanyakan klien atau user berkelit dan menggunakan jurus belut putih saat ditagih.Bahkan yang paling sadis jurus halimunan yaitu jurus menghilang tanpa jejak dengan cara blokir no whatsapp dll.
Permasalahan surveyor freelance yang tidak di bayar user
surveyor freelance

Tentunya hal ini sangat merugikan dan mendzolimi rekan seprofesi kita surveyor freelance.Untuk menjadi seorang freelancer surveyor tidaklah mudah, kita harus mengeluarkan modal untuk transport,beli atau sewa alat,upah assisten atau helper.Kalau sampai tidak terbayar maka bisa berantakan semua.
Fenomena semacam ini rupanya tidak hanya terjadi di indonesia saja.Bahkan di malaysia pun saya mendengar dari rekan terdekat saya.Alhamdulillah ini tidak terjadi pada saya,beberapa kali melakukan freelance,semuanya dibayar lunas.

 Sedikit tips untuk teman yang akan melakukan survey secara freelance,hendaknya lakukan hal-hal dibawah ini:

1. Hitung dengan benar quantity pekerjaan yang akan dikerjakan yaitu meliputi,volume,luasan area atau jumlah titik stake out (sesuai jenis pekerjaan yang akan dikerjakan).Hal ini untuk menghindari kerugian dibelakang hari yang bersumber dari membengkaknya hari kerja yang akan berakibat pada membengkaknya biaya operasional untuk gaji assisten & helper dan juga biaya logistik.

2. Pastikan harga satuan nya sesuai standart,jangan terlalu mahal apalagi terlalu murah.
3. Mintalah Downpayment (DP) 30% dari jumlah total biaya keseluruhan pekerjaan.Hal ini untuk berjaga-jaga jika ditengah jalan terjadi indikasi ruwet dari klien.Dan juga untuk biaya transport dan akomodasi untuk memulai pekerjaan.Selanjutnya jika pekerjaan mencapai 50% ajukan lagi pembayaran termin 50%.Jika payment ok,pekerjaan bisa anda lakukan sampai finish.Sekiranya pekerjaan anda durasinya tidak sampai 1 minggu maka anda cukup meminta DP 30% saja.Jangan segan atau malu untuk meminta DP,karena disinilah awal mula anda bisa mengetahui apakah klien anda bertanggung jawab atau tidak.Karena sebagian klien banyak yang curang di ahir cerita.

4.Jika memungkinkan anda harus mempunyai barang jaminan dari klien,semisal alat (total station)atau laptop yang bisa anda tahan jika klien ingkar janji.

Jika ke empat hal diatas sudah anda lakukan,maka tugas anda adalah melakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya dan sesuai jadwal yang di sepakati.Jangan anda banyak menuntut tapi kerja lelet dan asal-asalan.Pastikan dulu hal dibawah ini:

1.Alat yang anda pakai sudah terkalibrasi (dibuktikan dengan surat kalibrasi).
2.Semua anggota benar-benar memahami langkah-langkah kerja.
3.Memberikan laporan baik secara hardcopy maupun softcopy.

Itulah tadi beberapa tips untuk rekan-rekan freelance surveyor,semoga bisa bermanfaat,dan bagi yang mau menambahkan silahkan tulis di komentar.

Wassalam

Subscribe to receive free email updates: