Definisi dan pengertian MC 0 proyek

Assalamualaikum ,
  Sebagai surveyor tentu kita sudah tidak asing dengan istilah MC 0.Namun bagi rekan -rekan surveyor yang belum mengetahui apa pengertian dari MC 0,berikut adalah penjelasanya.MC 0 adalah singkatan dari mutual Check Nol yang artinya adalah suatu bentuk laporan setiap jenis item uraian pekerjaan yang dilengkapi dengan Berita Acara Pemeriksaan Lapangan Bersama (MC 0%), Berita Acara Serah Terima Lapangan (BA MC 0%), Schedule, Dan Rekap MC 0%.
Definisi dan pengertian MC 0
MC 0
Mutual check nol (MC 0%)sering kita jumpai pada saat melaksanakan suatu pekerjaan, dan ini merupakan  salah satu kelengkapan yang wajib dibuat dan dilaksanakan karena ini akan berpengaruh terhadap pekerjaan yang akan kita laksanankan apakah mengalami perubahan Misal volume bertamabah atau berkurang dan apakah tetap.
Dalam membuat mutual check nol (MC 0%) pada  umumnya akan di sesusaikan dengan standarisasi harga satuan yang telah di tetapkan pada proses Pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) atau pada saat melakukan penawaran (pelelangan) sehingga kita tidak bisa asal merubah atau menentukan harga seenaknya sendiri. Secara garis besar  pembuatan mutual check adalah berupa laporan prosentase (%) dari semua item pekerjaan yang akan kita laksanakan.

Apa saja isi dari mc 0?

Berikut adalah komponen yang ada dalam mutual check 0:
    • 1.Nama Paket pekerjaan dan Alamat
    • 2.Jenis uraian pekerjaan
    • 3. Harga Satuan
  • 4.Volume Kontrak
Pada kolom Nama Paket pekerjaan dan Alamat ini merupakan hal yang sangat pentingsekali karena  sebagai pengenal atau identitas sebuah proyek dalam pembuatan MC 0% .
Jenis uraian pekerjaan ini  terdapat beberapa bagian yang akan di hitung seperti, mobilisasi, manajemen dan keselamatan, pengalaman lingkungan hidup, manajemen mutu.dan lain sebagainya.
Pada harga satuan pada umumnya kita mengenal yang namanya ukuran ataupun satuan misalnya, Ls, zak, m, ton, kg, liter, buah, jam, buah dan lain sebagainya. Harga satuan sangatlah penting karena berpengaruh besar terhadap harga terutama bahan.
Pada volume kontrak ,pada umumnya juga telah di tetentukan dan ini sangat berhubungan dengan harga satuan sehingga harga ataupun volume setiap pekerjaan bisa  kita  pekirakan pada setiap jenis pekerjakan yang akan dilaksanakan. Kalaupun nantinya harus berbeda dalam  jumlah volume maka harus disebutkan dalam CCO. maka sebelum nya harus dimulai dengan perhitungan volume MC 0% ataupu backup volume 0% secara jelas dan tepat.
Untuk lebih detailnya mutual check nol (MC 0%) ini sebuah bentuk laporan dari semua jenis pekerjaan antara kontrak kerja dan kajian atau Perhitungan teknis yang direncanakan dan akan dilaksanakan dilapangan. Jadi dengan kita membuat mutual check nol kita bisa mengetahuai setiap perbandingan dengan volume kontrak kerja dengan kajian atau perhitungan teknis yang akan dilaksanakan.
Dan persentase pekerjaan tambah kurang (additional work) setiap pekerjaan itu dapat  di ketahui , perbandingan antara volume kontrak dengan kajian tekniks biasanya tidak mengalami perbedaan yang signifikan dan hasil antara volume kontrak dengan volume kajian teknik sama – sama 100 % tepat.

Tugas surveyor dalam MC 0

Setelah mengetahui definisi dan pengertian dari MC 0,selanjutnya apa tugas dari surveyor saat MC 0?
Pengukuran yang dilakukan surveyor adalah pengukuran situasi yang ada dalam scope kerjanya.Data yang diambil adalah semua detail-detail yang ada berupa koordinat X,Y elevasi beserta keterangan.Tentunya berbeda -beda pengambilan data MC 0 untuk setiap proyeknya.Untuk lebih detailnya surveyor bisa bertanya kepada bagian engineer ,staff teknik ataupun project manager mengenai detail-detail data yang diperlukan untuk MC 0.

Sekian post kali ini mengenai Definisi dan pengertian MC 0 proyek,semoga bermanfaat,
Wassalam


Belum ada Komentar untuk "Definisi dan pengertian MC 0 proyek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel