Tutorial autocad land desktop 2009,Cara membuat kontur

Assalamualaikum,

 Tutorial autocad land desktop 2009,Cara membuat kontur ini adalah sambungan dari tutorial sebelumnya yaitu cara memasukan point kedalam autocad LDD.pastikan kalian sudah membaca dan mempraktekanya,karena itu adalah modal untuk membuat kontur.oke langsung saja biar ga kelamaan.

Cara membuat kontur autocad land desktop 2009:

1.Sebelum membuat kontur,kita harus terlebih dahulu membuat surface,sebagai data acuan untuk pembuatan kontur.caranya : Buka menu Terrain - Terrain Model Explorer


Tutorial autocad land desktop 2009,Cara membuat kontur
menu terrain
2.
Selanjutnya akan muncul jendela Terrain Model Explorer, kemudian pilih Terrain - klik kanan - Create New Surface.Akan muncul Surface1, pilih surface1 - klik kanan - rename - ubah namanya (misalnya:Aktual). 



create new surface
3.
Buka surface Aktual (klik tanda +) dan TIN Data (klik tanda +), kemudian pilih Point Groups - klik kanan - Add Point Group. Maka akan keluar tab jendela Add Point Group, karena tadi hanya membuat satu point grup yang kita beri nama Aktual, maka pada Point group name pilihlah Aktual.Lalu klik OK.



add point group
4.Jika sudah,selanjutnya 
Pilih Aktual - klik kanan - Build. Akan muncul jendela Build Aktual - klik OK saja ga usah di ganti-ganti.


pembuatan surface selesai
Sampai disini pembuatan surface telah berhasil,selanjutnya cara membuat kontur:
5.Buka lagi menu Terrain - Create Contours.

Tutorial autocad land desktop 2009,Cara membuat kontur
create contours
6.
Kemudian muncul jendela Create Contours, ubahlah Surface menjadi Aktual, jangan lupa tentukan interval minor dan mayor, setelah itu klik OK.

setting interval contour
7.Selanjutnya 
Pada Command bar akan muncul pertanyaan "Erase old contours?" ketik No <enter>.dan jeng jeng jeng..kontur sudah masak.Kalau kalian mengikuti step-by step dengan benar maka akan muncul kontur seperti di bawah ini:

hasil kontur
8.Langkah selanjutnya adalah memperhalus garis kontur yang masih tajam dan patah-patah (bukan goyang) agar terlihat smooth.Caranya buka menu Terrain-Contour style manager

countour style manager
9.Kemudian munjul jendela tab baru Contour Appearance - Add Vertices - Atur banyaknya vertices yang ditambahkan.sebagai contoh,saya naikan sampai 5 saja.kemudian klik OK.

add vertices
10.Hasilnya akan lebih smooth seperti gambar di bawah ini :

smooth contour
11.Sesudah merapikan garis kontur yang patah-patah,selanjutnya kita akan memberikan label elevasi kontur.Caranya : 
Buka menu Terrain - Contour Labels - Group interior.

countur labels
12.
Muncul tab jendela Contour LabelsElevation Increment ,bisa diisi dengan interval yang akan diberikan keterangan.misalnya 0.5 kemudian klik OK. 

elevation increment
13.
Klik pertama dimula dari tengah-tengah kontur, kemudian arahkan mouse melintasi kontur yang akan diberi keterangan, kemudian klik sekali lagi. Maka akan muncul keterangan garis kontur.

kontur dengan label elevasi
14.Tahap selanjutnya adalah merapikan text label elevasi yang terlalu besar,perlu di kecilkan sedikit agar tidak tumpang tindih.Caranya buka menu Terrain-contour style manager.Buka tab text style,kemudian ubah tinggi text menjadi 0.7.kemudian klik OK.selain text,anda bisa juga merubah warna dan presisi text.
text style
.15.Tinggi text 0.7 ternyata masih sedikit nubruk,saya ganti jadi 0.5 dan hasilnya seperti dibawah ini:

text style 0.5
Panjang sekali langkah membuat surface dan kontur autocad land desktop ini,jika anda ingin beli buku+CD latihan land desktop harga 80 ribu? silahkan whatsapp 081211111472.

semoga bermanfaat.
Wassalam







Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tutorial autocad land desktop 2009,Cara membuat kontur "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel